Menjajal Battlefield 4 Beta: Skala yang Lebih Masif!
By James William
October 17, 2013 ·
Persaingan antara dua nama FPS terbesar di industri game: Call of Duty dari Activision dan Battlefield dari EA memang akan memasuki babak baru dalam beberapa minggu ke depan. Berhasil menjaring basis fans yang terhitung masif berkat dukungan multiplayer yang luar biasa, EA memang tidak lagi menahan diri untuk memastikan kesuksesan Battlefield 4 untuk tahun 2013 ini. Kehadiran engine terbaru – Frostbite Engine 3.0 tidak hanya menawarkan visualisasi yang terlihat menawan di beberapa trailer dan demo yang sempat ditunjukkan oleh DICE sebelumnya, tetapi juga membuka peluang menghadirkan sensasi gaming yang jauh lebih epik. Beragam penambahan fitur pun tumbuh menjadi kekuatan baru Battlefield 4, khususnya di mode multiplayer.
Bagi Anda yang tidak sabar lagi untuk menantikan kehadiran Battlefield 4 yang siap untuk meluncur akhir Oktober 2013 ini, DICE membuka kesempatan untuk “menikmati” secuil pengalaman tersebut lewat masa beta yang ada. Dibuka untuk umum pada tanggal 4 Oktober 2013 yang lalu, Anda dapat langsung mengunduhnya via Origin dan ikut bergabung dalam masa beta yang akan ditutup pada 15 Oktober 2013 ini. Walaupun tidak sempurna, namun ini menjadi kesempatan terbaik untuk mendapatkan sedikit gambaran seperti apa multiplayer yang akan ditawarkan Battlefield 4. Map yang disediakan hanya satu – “Siege of Shanghai” menjadi pondasi yang sempurna.
Lantas bagaimana kesan pertama yang ditawarkan oleh masa beta Battlefield 4 ini? Kami akan menggalinya sedikit lebih dalam untuk Anda.
Pertempuran Dalam Skala yang Lebih Masif
![]() |
| Welcome to Shanghai! |
Sensasi ini lahir dari fakta bahwa “Siege of Shanghai” memuat satu paket lengkap pertempuran untuk memfasilitasi semua gaya bermain yang ada. Pertarungan darat, laut, dan udara dirangkum dengan sangat baik, dimana Anda bisa menggunakan ketiga elemen ini untuk mencapai keuntungan tertentu dalam pertempuran. Gedung-gedung tinggi akan menyediakan “rumah” nyaman untuk para sniper, laut akan menjadi tempat infiltrasi yang efektif, dan tank-tank akan memainkan peranan kunci di pertarungan darat. Tidak hanya ketiga elemen dalam satu map, setiap gedung tinggi di dalam map ini juga dapat dimasuki. Menggunakan elevator, Anda bisa menuju ke level tertinggi.
![]() |
| Darat, laut, dan udara, Siege of Shanghai menghantarkan sebuah medan pertempuran yang begitu intense. |
![]() |
| Map yang begitu luas memungkinkan setiap pemain bermain sesuai dengan perannya masing-masing. |

User-interface
Deploy juga kini disempurnakan untuk membantu Anda mendapatkan sedikit
gambaran akan apa yang sebenarnya tengah terjadi di “lapangan”.
Levolution, Seberapa Signifikan?

Dua
fitur utama yang diklaim akan menghasilkan pengalaman yang berbeda di
BF 4: Levolution dan Dynamic Environment sudah dapat dijajal di masa
beta ini.
DICE menawarkan Dynamic Environment, sebuah fitur dimana Anda berkesempatan untuk memanipulasi beberapa elemen dalaam medan pertempuran untuk mendapatkan keuntungan tersendiri. Membuka atau menutup pintu, menaikkan palang anti kendaraan, mengaktifkan sumber penerangan, hingga elemen kecil yang bisa terpicu seperti alarm mobil yang mungkin membocorkan taktik stealth Anda. Sayangnya, penerapannya sendiri ternyata tidak terasa signifikan. Ketika pertempuran berlangsung sangat cepat dan kacau, dimana semua pasukan darat berlari kesana dan kemari, hampir tidak mungkin otak Anda akan sempat berpikir untuk sekedar berhenti dan memanipulasi hal-hal kecil ini. Setidaknya, hal inilah yang kami rasakan.
![]() |
| Dynamic Environment memungkinkan Anda untuk memanipulasi beberapa elemen kecil di dalam map untuk menghasilkan keuntungan strategis tertentu. |
![]() |
| Sayangnya Levolution di Siege of Shanghai ini tidak terasa terlalu signifikan, dan hanya terasa seperti kosmetik belaka. |
![]() |
| Look at that physics! |

Skala
kehancuran yang jauh lebih masif inilah yang menjadi pesona utama
Battlefield 4 beta. Mereka ulang salah satu demo epik di E3 2013 yang
memungkinkan Anda untuk memerangkap tank di basement? We’ve done that!
Buggy dan Laggy
![]() |
| Framerate kacau dan bug masih terasa kentara di open beta ini. |
Welcoming the Frostbite Engine 3.0!
![]() |
| Welcoming the new Frostbite Engine! |





















